Rabu, 15 November 2017

Lab.0.40 konfigurasi fail over pada mikrotik (backup koneksi dalam dua ISP) [MTCRE]


Fail Over adalah sistem proteksi untuk menjaga agar link utama tetap jalan, jika link utama mengalami gangguan maka otomatis akan mengguanakan jalur yang lain (cadangan). contohnya gini: misalkan agan punya dua koneksi internet dari ISP yang berbeda, kalian bisa setting salah satunya menjadi jalur backup, sehingga ketika satu ISP mati otomatis akan berpindah jalur ke ISP yang lain. yah begitulah gambarannya.

berikut konfigurasinya (simple dan mudah), konfigurasikan ip sesuai dengan topologi diatas dan setting firewall NAT dengan out interfacenya all dan action masquerade. :

router fail over :


kemudian setting router 1 dan router dua, pastikan dianggap seolah-olah router  1 dan 2 adalah modem internetnya, yang telah mendapat akses internet. kemudian untuk konfigurasi IP laptop silahkan isi dengan IP 1.1.1.0/24 dengan gateway 1.1.1.1 .

kemudian untuk menentukan jalurnya bisa menggunakan metode dengan setting gateway, tambahkan gateway pada router fail over, setting pada bagian IP >Route> tambahkan rules 


pertama dengan jalur gateway 2.2.2.2 dan yang kedua memakai jalur gateway 3.3.3.2, anda bisa menambahkan dua gateway sekaligus atau satu satu, penentuan  jalur mana yang akan dipilih terlebih dahulu adalah dengan distance terkecil.

jika sudah, coba matikan koneksi dari ISP 2 yang melewati gateway 3.3.3.2, kemudian lakukan traceroute, jika ISP 2 mati otomatis akan menggunakan jalur kedua yaitu lewat 2.2.2.2




kemudian, coba matikan ISP 1 maka jalurnya akan otomatis melewati gateway 3.3.3.2 , coba traceroute :




kalian bisa mengganti jalur utama dengan setting distance, semakin kecil distance maka itu yang akan di pilih. oke sekian dari saya, jika ada kendala bisa komen dibawah.

thanks,











Share:

1 komentar:

  1. request di rincikan satu satu bang, biar bisa ngelab full

    BalasHapus